https://ardvis.upnjatim.ac.id/index.php/ardvis/issue/feed ARDVIS 2025-09-25T03:12:11+00:00 Bayu Setiawan ardvis@upnjatim.ac.id Open Journal Systems Artistik Riset, Desain, komunikasi Visual, Inovasi dan Seni https://ardvis.upnjatim.ac.id/index.php/ardvis/article/view/26 Pameran Edukatif Sebagai Media Pengembangan Kreativitas Di Desa Buncitan: Studi Kegiatan KKN 2025-08-15T06:37:21+00:00 Genduk Ayu Sugma Rahayu 22052010104@student.upnjatim.ac.id Erisa Andriana Wibowo 22052010013@student.upnjatim.ac.id Nadhifah Adya Mahatri 22052010058@student.upnjatim.ac.id Sri Wulandari sri.wulandari.dkv@upnjatim.ac.id <p>Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Buncitan bertujuan untuk mendukung edukasi dan kreativitas melalui pendekatan desain komunikasi visual. Program ini melibatkan pembuatan identitas visual, media promosi, dan pameran tematik dengan partisipasi aktif masyarakat. Metode pelaksanaan meliputi survei, pelatihan, dan kolaborasi dengan komunitas lokal. Hasil menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap media kreatif dan pengembangan potensi lokal melalui integrasi teknologi digital. Program ini memberikan dampak positif, baik pada masyarakat maupun mahasiswa, sebagai model kolaborasi antara institusi pendidikan dan komunitas lokal.</p> 2025-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 ARDVIS https://ardvis.upnjatim.ac.id/index.php/ardvis/article/view/36 perancangan Perancangan Video Machinima Tentang Keterlibatan CIA dan Allen Pope 2025-08-15T06:41:09+00:00 Gilang Mauludin Gilang Jaya gilang.mauludin@mhs.itenas.ac.id Aris Kurniawan,SSn, MSn Kurniawan@SSn.MSn <div> <div> <div> <p>"Pemberontakan Permesta di Sulawesi Utara pada awal 1960-an merupakan peristiwa penting dalam sejarah politik Indonesia yang melibatkan campur tangan asing, terutama Central Intelligence Agency (CIA). Allen Pope, seorang pilot berkewarganegaraan Amerika Serikat, diketahui menjadi bagian dari operasi rahasia CIA dalam mendukung pemberontakan tersebut. Pope berperan dalam misi serangan udara menggunakan pesawat B-26 Invader, yang menargetkan instalasi militer dan kapal pemerintah Indonesia. Penangkapannya setelah tertembak jatuh oleh AURI menjadi titik balik yang mempertegas intervensi asing di Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk merancang video berbasis teknologi machinima sebagai media edukasi sejarah yang interaktif dan terjangkau, guna membantu masyarakat memahami peran CIA dan Allen Pope dalam dinamika konflik era tersebut.”</p> </div> <div> <p>Kata Kunci: Intervensi Asing, Sejarah Politik Indonesia, Video Machinima</p> </div> </div> </div> 2025-09-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 ARDVIS https://ardvis.upnjatim.ac.id/index.php/ardvis/article/view/37 REINTERPRETASI VISUAL TOKOH GAJA MADA DALAM KARAKTER KSATRIA JINNO PADA GAME LOKAPALA 2025-08-15T06:39:33+00:00 Shaira Saffanah Zahra Wahana shaira.saffanah@mhs.itenas.ac.id <p>Lokapala merupakan game <em>MOBA </em>buatan Indonesia yang banyak mengambil inspirasi dari budaya dan sejarah nusantara, dimulai dari desain karakter hingga latar belakangnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reinterpretasi visual Gajah Mada dalam karakter Jinno pada game Lokapala menggunakan metode kualitatif, termasuk analisis visual-narasi dan semiotik, untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi elemen visual yang mewakili Gajah Mada dalam desain Jinno. Sebagai tokoh penting dalam sejarah Indonesia, Gajah mada digambarkan dalam media kontemporer, memberikan kesempatan untuk mempelajari hubungan antara budaya tradisional dan digital modern. Penelitian ini menunjukkan bagaimana atribut visual tertentu—seperti penggunaan warna, desain baju zirah, dan persenjataan— digunakan untuk menyampaikan karakteristik dan signifikansi budaya Gajah Mada. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif yang disajikan dalam tahap deskripsi dan menggunakan analisis visual-naratif semiotika, dengan mengumpulkan berbagai sumber literatur sebagai bahan kajian.dengan penelitian.</p> 2025-09-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 ARDVIS https://ardvis.upnjatim.ac.id/index.php/ardvis/article/view/38 Perancangan Desain Karakter Animasi Nusantara 2044 Bergenre Solarpunk di Indonesia 2025-08-15T06:42:46+00:00 Bajra Mahardika bajramahardika@gmail.com <p>Berkembangnya industri animasi dalam negeri seiring tahun menunjukkan tingginya minat untuk hiburan ini. Animasi juga merupakan media penyampaian pesan kepada masyarakat luas. Dalam sebuah film diperlukan karakter yang bisa relevan agar penonton merasa terkoneksi. Dengan mendekati usia negara Indonesia ke 100 tahun emas, sedangkan trend yang terjadi belakangan ini sangat menghancurkan moral masyarakat, maka diperlukan animasi untuk mengingatkan kembali jati diri bangsa kita yang besar.</p> 2025-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 ARDVIS https://ardvis.upnjatim.ac.id/index.php/ardvis/article/view/39 − Perancangan Buku Interaktif Brain Gym Untuk Mencegah Rentang Perhatian Pendek Pada Anak Usia 4-6 2025-08-15T06:44:45+00:00 yasmin Safira yasminhwang17@gmail.com <div><span lang="EN-US">Rentang perhatian yang singkat pada anak usia dini merupakan permasalahan yang semakin sering dijumpai, terutama akibat penggunaan perangkat digital yang berlebihan. Kondisi ini berdampak langsung pada penurunan kemampuan belajar dan fokus anak. Brain Gym hadir sebagai solusi alternatif, berupa latihan fisik sederhana yang dapat merangsang kerja otak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa buku interaktif dengan pendekatan Brain Gym yang menyasar anak usia 4–6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&amp;D) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Produk akhir berupa buku interaktif ini diharapkan mampu membantu orang tua dan guru dalam meningkatkan fokus serta keterampilan motorik anak secara menyenangkan.</span></div> 2025-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 ARDVIS https://ardvis.upnjatim.ac.id/index.php/ardvis/article/view/40 Perancangan Film Pendek Untuk Menghadapi Kesepian Bagi Remaja Akhir Usia 17- 25 Tahun 2025-08-15T06:47:17+00:00 Arvin Joestian 21052010174@student.upnjatim.ac.id Restu Ismoyo Aji restu.ismoyo.dkv@upnjatim.ac.id <p>Kesepian merupakan fenomena psikososial yang kian meningkat pada<br>kelompok remaja akhir usia 17–25 tahun, baik secara global maupun di<br>Indonesia. Berbagai studi menyatakan bahwa kesepian yang tidak<br>tertangani dengan tepat dapat memicu risiko depresi, kecemasan, hingga<br>kecenderungan menyakiti diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk<br>merancang sebuah film pendek bertema psikologis sebagai media refleksi<br>dan representasi emosi bagi remaja yang mengalami kesepian. Metode yang<br>digunakan adalah metode perancangan Double Diamond dengan tahapan<br>discover, define, develop, dan deliver, serta teknik pengumpulan data<br>melalui wawancara dengan psikolog dan penyebaran kuesioner. Hasil<br>perancangan menghasilkan karya film pendek berjudul Solitude, yang<br>mengangkat kisah personal dan universal mengenai kesepian, harapan, dan<br>kepedulian sosial. Film ini diharapkan menjadi sarana penyadaran sekaligus<br>validasi emosi bagi penontonnya. Dengan mengintegrasikan prinsip<br>sinematografi dan pendekatan psikoanalisis dalam narasi visual, film ini<br>dirancang untuk membangkitkan resonansi emosional yang kuat dan<br>membangun kesadaran akan pentingnya koneksi antarindividu.</p> 2025-09-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 ARDVIS https://ardvis.upnjatim.ac.id/index.php/ardvis/article/view/42 Perancangan Maskot PUSDA untuk Kampanye Sosial “Ayo Lawan Banjir” Bertema Pahlawan Super 2025-08-15T06:49:43+00:00 Hikmal Akbar hikmalhikmal18@gmail.com Mahimma Romadhona mahimma.dkv@upnjatim.ac.id <p>Maskot merupakan media visual yang berperan penting dalam menyampaikan pesan secara emosional dan persuasif kepada masyarakat luas. Dalam konteks kampanye sosial, maskot mampu membangun kedekatan dengan audiens melalui karakter yang mudah dikenali dan dikaitkan dengan nilai-nilai positif. Penelitian ini dilakukan untuk merancang maskot bertema pahlawan super yang digunakan dalam kampanye sosial pencegahan banjir di Surabaya, kota yang dikenal dengan semangat kepahlawanannya. Kampanye ini menyasar masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah usia 18–24 tahun, dengan pemanfaatan media sosial sebagai saluran utama penyebaran pesan. Proses perancangan diawali dengan studi karakter Cak Tirto dari PUSDA Jatim, wawancara dengan perwakilan instansi terkait, serta eksplorasi kreatif berdasarkan tokoh pahlawan lokal di Indonesia. Hasilnya adalah karakter Supertirto, sosok pahlawan lokal dengan desain terinspirasi dari elemen pahlawan super Indonesia seperti Goddam, Gatotkaca, dan Bima, serta nuansa khas aparatur sipil negara. Supertirto tampil sebagai figur kuat namun bersahabat yang membawa pesan edukatif secara visual dan emosional melalui media sosial seperti <em>Instagram, Facebook</em>, dan <em>YouTube</em>. Evaluasi awal menunjukkan bahwa masyarakat menyambut positif kehadiran Supertirto dan menjadikannya sebagai panutan dalam bertindak, termasuk turut menyebarkan kampanye dan melakukan aksi nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai upaya kolektif pencegahan banjir di Surabaya.</p> 2025-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 ARDVIS https://ardvis.upnjatim.ac.id/index.php/ardvis/article/view/43 Implementasi Prinsip Dasar Videografi Pada Reels Instagram Berburu Kaset Di DU 68 Musik Oleh Rodanona 2025-08-21T09:05:53+00:00 Muhammad Ezra Daffariel daffarielezra@gmail.com Inko Sakti Dewanto inkosakti@itenas.ac.id <p>DU68 Musik merupakan sebuah toko dimana menjual musik &amp; alat pemutar musik klasik tahun 1970-1990an, seperti kaset pita (Cassette), piring hitam (vinyl, VHS, CD, Walkman, Turntable, Equalizer, VCR, dan Betamax. Namun dikarenakan media-media tersebut sudah jadul dan tidak banyak yang minat untuk membeli, terutama kaset pita dan CD kurang laku banyak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan para musik entusias agar lebih tertarik mengenai media dan alat-alat pemutar musik tahun 1980-1990an. Metode yang digunakan meliputi pendekatan kualitatif yaitu menganalisa melalui plaform instagram dengan video reelsnya milik Rodanona. Rodanona merupakan konten kreator bersama keempat teman - teman perempuan yang gemar membagikan konten kegiatan mereka mulai dari vlog keluar kota atau negeri, tempat “hidden gem”, hingga berkolaborasi dengan brand - brand seperti Acer dan Sony. Isi dari video ini yaitu memberi pancahayaan terhadap sebuah toko kaset atau media-media musik jadul tahun 1980 hingga awal tahun 2000an terhadap para Gen Z. Pengamatan menunjukan bahwa masih ada audiens mulai dari generasi-genrasi tua hingga gen Z yang hobi dalam mengoleksi atau bernostalgia membeli kaset walaupun tidak banyak. Selain itu, penelitian ini bertujuan menyoroti pentingnya mulai dari keberadaan musik kaset hingga perkembangan alat &amp; teknologi alat pemutar musik dan formatnya. Juga memberi pencerahan bagi para audiens yang ingin bernostalgia dan berburu alat – alat pemutar musik serta medianya.</p> 2025-09-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 ARDVIS